Minggu, 29 Juli 2012

Suddenly Miss.. :'



The best teacher I ever had ! Iya, kelas gue angkatan pertama yang di wali kelas-in beliau sekaligus diajar beliau. Waktu itu, kelas 3 SD. Menyenangkan banget cyin diajar sama beliau, sabar banget orangnya, cantik, baik, ramah, perhatian, masih muda, fresh graduate, the best pokoknya ! Pas sekitar kelas 4 atau kelas 5 ya gue lupa, ketua kelas gue pas kelas 3 SD, Febry (sekarang satu kelas lagi di tempat les !) nemuin undangan pernikahannya beliau di meja guru dikelasnya dulu. Abis itu dia minta ke beliau buat ngundang anak kelas 3B waktu angkatan dia. Awalnya sih malu-malu ngakuin, toh, dikasih juga undangannya.. Mwaaa :* tuh kan baik bener wali kelas gue !!

Beberapa hari kemudian, pulang sekolah kita dijemput sama ortu masing-masing buat ke resepsi pernikahan wali kelas gue ini. Dengan seragam batik sekolah dan dianter pake mobilnya Icha, kita sampe di tempat resepsi ibu Pipih. The beautiful bride in the world pokoknya deh yaampuunn...  Terus beberapa tahun kemudian, kita lulus SD dan lanjut ke SMP masing-masing. Pas kenaikan kelas 3 dulu, kita minta fotonya beliau, abisnya beliau cantik sih, penyayang. Waktu ada suntik polio apa yah gue lupa, dia peluk murid-muridnya satu persatu, gue pun nyaman dipeluk beliau, kasih sayangnya berasa banget, wangi pula, wanginya aja bahkan masih gue inget sampe sekarang, soft gitu deh, sesuai sama kepribadiannya beliau. 

Terus, saking baiknya, kita dikasih satu-satu foto beliau, ya maklum lah yaa, tahun 2003-2004-an kan anak SD belom megang hp, hp kamera pun tahun segitu masih jarang ditemuin dan kalo ada pasti mahaaall banget harganya. Ga tanggung-tanggung, foto berukuran 3R dikasih ke murid-muridnya. Kebetulan gue dikasih yang foto wisudanya beliau, dan sejak saat itu beliau seakan meng-inspirate gue buat jadi sarjana ! *iya, jaman gue SD bayangan jadi sarjana itu tuh sama aja kayak bayangan kita sekarang kalo jadi doktor.* Banyak deh versinya, Ga tau deh Dita dapet foto yang versi apa gue lupa. Daann, di belakang fotonya itu ada pesan pendek "Jangan lupa belajar lebih giat lagi dan ingat semua gurumu." Yes, gue jalanin perintahnya dia, gue hafal semua nama wali kelas sejak gue TKA sampe mau menamatkan SMA ini.  

Sampai pada akhirnya, pas gue kelas 2 SMA kemarin, gue dikasih tau nyokap kalo bu Pipih itu sakit, ga main-main sakitnya, penyakit mematikan. Kanker. Kanker Pankreas tepatnya. Waktu itu nyokap ngasi taunya pas gue baru pulang sekolah, yes, gue lemes banget.Beliau masih muda, anaknya masih kecil-kecil, udah dikasih penyakit separah itu. Nyokap baru aja jenguk beliau dirumahnya, sama temen-temennya. Nyokap gue bilang, beliau masih inget gue, tapi adek gue ngga disebut namanya :p. Padahal sama-sama jadi wali kelasnya gue dan adek gue, dan jarak gue sama adek gue sekolah itu mayan jauh, 6 tahun, tapi yang diinget gue dan angkatan gue ? Terharu? banget ! Iya sih, cuma angkatan gue doang yang berani minta undangan resepsinya beliau hahah..

Gue cerita ke Dita, dan Febry juga sms nanyain kapan jenguk bu Pipih, awalnya gue nyaranin kenapa gak pas ulang tahunnya dia aja 14 Desember. Gue inget tanggalnya soalnya ulangtahun beliau diantara ulangtahun nyokap dan adek gue. Oiya gue juga baru inget silly accident ! Waktu pas ngadoin bu Pipih entah pas ulangtahun beliau atau pas setelah resepsi ya gue lupa. Pokoknya yang lain pada ngadoin gelas, piring yaa peralatan rumah tangga lah. Dan gue malah ngasih, SATU SET SARINGAN WARNA PINK! Silly ? Yes I am in that moment, iya, bagus sih buat rumah tangga, tapi kalo dalam konteks kado ? Apalagi buat wali kelas. Aaahh, namanya juga anak kecil :p. Oiya, lanjut lagi, akhirnya kita jenguknya itu sekitaran bulan Oktober *cmiiiw*, yang dateng itu Gue, Dita, Febry, Taufik, Ukon, siapa lagi ya gue lupaaa.. Mukanya udah berubah semua, tapi banyakan anak cowo yang dateng. Terus keadaannya, mengiris hati banget deh... Gimana bisa, orang yang pernah peluk gue dengan sejuta kasih sayangnya itu terbaring lemah di kasur rumahnya, ditemenin selang infus dan tabung inhalasi. Badannya yang proporsional sekitar 8 tahun lalu gue lihat pun, waktu itu gue lihat kuruuss banget, kankernya sukses bikin guru kami menderita :'. Aduuhh sayangnya Taufik kelepasan nanya, "Ibu sakit apa bu?" Iya, emang itu guru SD kita, tapi nanyanya jangan kayak anak SD dong ah ! Akhirnya kita pamit pulang, sebelum itu, kita duduk di ruang tamunya beliau. Suaminya jelasin kalo ibu Pipih sakit Kanker pankreas, karena maagnya itu udah parah dan larinya ke kanker. Kemungkinan hidupnya 2 bulan lagi. 

Gue udah kayak lagi main sinetron, ternyata gak cuma di sinetron aja yang bisa men-judge sampe berapa lama orang itu hidup, tapi di kehidupan nyata juga. Terus gue juga liat anak-anaknya, yaampun, masih imyut-imyut banget, mungkin mereka masih belum ngerti ibu mereka sakit apa. Apalagi alo denger mereka merengek dan bu Pipih mencoba menenangkan mereka, adegan apalagi ini ? Menguras hati banget !! Kita gak percaya dan gak mau percaya seberapa lama lagi ibu Pipih akan hidup. Karena kita yakin kalo bu Pipih itu akan sembuh. Tapi, kenyataan berkata lain, 2 minggu atau sebulan ya setelah kita jenguk, bu Pipih menghembuskan nafas terakhir. Jauh sebelum perkiraan hidup menurut dokternya. 

Kita ngga bisa melayat karena waktu itu lagi sibuk-sibuknya sama sekolah. Selamat jalan, ibu Pipih Sopiah Barkah.. Semoga amal ibadah ibu diterima oleh Allah. Aaamiiin..

I miss you, bu.. :'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar