Rabu, 21 Februari 2024

Adulting

Setelah 7 tahun ngga pernah posting lagi, kali ini aku mau post kayak dulu, curhat-curhat gitu..

Adulting is hard. Dear 16 years old Naira (yang ngepost pertama di blog ini setelah blog lamanya dihapus), aku mau ngucapin terima kasih sudah membagi cerita-cerita kamu di blog ini. Aku yang bulan depan menginjak usia 29 tahun ini merasa terhibur dan jadi flashback kenangan-kenangan terutama di masa SMA ku.

Bagaimana kabar si hampir 29 tahun ini? Alhamdulillah I'm sooo much better now. Bisa beli apapun yang aku mau, bisa menyenangkan orang-orang disekitarku dengan mewujudkan apa yang mereka mau, bisa jalan-jalan kemana aja, bisa ngeluarin emosi kapanpun tanpa harus ngga enakan kayak dulu.

Dulu mungkin aku terlalu fokus ngejar lulus kuliah cepet, cari kerjaan, sampai sekarang dapet kerjaan yang settle dan dekat dari rumah. Seperti doaku dulu. Dari pekerjaan yang settle ini, aku bisa jalan-jalan ke tempat yang aku mau (walau belum sampai luar negeri sih), aku bisa nyenengin diriku sendiri dan keluargaku. Sesuatu yang dulu rasanya susah banget aku dapetin, Alhamdulillah satu per satu tercapai. Allah Maha Baik, Maha Kaya, Maha Pengasih dan Maha Penyayang. 

Banyak pelajaran hidup yang aku ambil setelah blog ini terakhir posting, tahun 2017 sampai 2024. Mulai dari merintis karier, bertemu orang-orang hebat, berbagai karakter, latar belakang, sifat. Lalu bolak balik ada dalam percintaan yang ngga pasti hehehe meninggalkan dan ditinggalkan, nemuin pengkhianatan, dan akhirnya terjebak dalam insecurity sampai saat ini. Bolak balik juga jadi bridesmaid, bolak balik ngadoin temen nikahan maupun lahiran. Segala ups and downs aku lalui di 7 tahun ini.

Namanya juga proses adulting ya. Ngga mudah. Banyak senengnya, banyak juga sedihnya. Apalagi aku bisa dibilang sandwich generation. Dalam 7 tahun ini memang aku fokus ke hal-hal yang sifatnya materi. Anak pertama, bahunya harus selalu kuat :). 

Pernah nangis gara-gara temen-temen udah bisa pergi ke luar negeri atau beli asset properti/kendaraan pribadi atau ngga sengaja lihat tabungan teman sudah puluhan bahkan ratusan juta? Pernaah. 

Pernah nangis karena menunda beli barang yang kita mau karena ada yang lebih urgent? Pernah.

Pernah nangis ngeliat feeds/stories instagram temen-temen saat lamaran/pernikahan/hamil/melahirkan/mengurus anak? Pernah

Pernah menarik diri dari kehidupan sosial karena insecure? Pernah

Pernah di ghosting atau ditinggal menikah orang-orang yang pernah dekat dengan kita? Pernah, haha bahkan kayaknya udah sold semua deh laki-laki yang pernah deket sama aku

Pernah dengan bodohnya ngasih efforts terlalu banyak buat melanggengkan sebuah hubungan? Pernah

Yaaa itu contoh sedihnya yaa.. Bukan sedih ngeliat temen-temen bahagia sih. Lebih ke "Kapan ya gue bisa begitu?" "Kenapa ya gue belum bisa kayak mereka?" "Seandainya dulu blablablaaaa...." yah gitudeh jadinya berandai-andai padahal kan ga boleh ya. Semua udah jadi ketetapan Allah. Ada kalanya aku menyesal dengan keputusan-keputusan yang udah aku ambil. Tapi ya mau bagaimana lagi, memang ini jalannya kan.

Sisi bahagianya juga ada tapi ngga perlu lah disebutkan detail disini. Intinya aku cukup happy dengan keadaan yang sekarang (sesuai doaku dulu mungkin yaa), pulang ke rumah cepet, pekerjaan ngga terlalu capek (paling sesekali lah dalam satu periode capek), lingkungan kerja yang nyaman, orangtua sehat, adik udah mandiri bisa cari uang sendiri.

Makin kesini, aku makin mengenal diriku. Makin belajar dari kesalahan-kesalahan di masa lalu, berani mengambil konsekuensi atas semua perbuatanku, makin sering introspeksi dan cinta damai lah, walau kadang tantrum sih yaa bisa meledak-ledak karena aku ngga mau nahan emosi kayak dulu-dulu.

Aku ikut bahagia atas pencapaian teman-temanku dan masa laluku. Mereka bisa lanjut pendidikan, naik jabatan di kariernya, menikah, punya anak. Hopefully aku bisa seperti mereka secepatnya, walau aku percaya juga semua orang punya timeline nya masing-masing. Semoga Allah mudahkan dan lancarkan urusan kita semua, Aamiin..

Tetap kuat dan harus survive jalanin proses adulting ini ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar