Sabtu, 07 Januari 2017

Pagi Hari di CL

Udah setahun ini gue resmi jadi RoKer (Rombongan Kereta), -sebutan untuk orang yang naik kereta tiap harinya-. Berarti setahun ini juga gue akrab dengan yang namanya gangguan kereta, kereta ditahan karena harus gantian jalur sama kereta jarak jauh (nasib commuter blue line yang harus sharing jalur sama kereta luar kota), akrab juga sama desak-desakan dari yang desak-desakannya biasa aja sampai termejret-mejret juga pernah (kalau bekal roti, udah pasti ga bakal utuh bentuknya pas mau dimakan, begitu juga dengan air mineral gelas, sampai penyok-penyok!), lari-lari ngejar kereta yg mau berangkat, nunggu lama datangnya kereta, semua pernah dirasain, mau rush hour, mau jam santai, mau peak season, mau tanggal-tanggal biasa, gue tetap naik kereta.

Kayak sekarang nih, gue nulis ini di kereta yang baru jalan dari Cakung ke arah Klender Baru, di hari Sabtu. Weekend gini, apalagi masih dalam rangka liburan, banyak anak kecil yang ikut naik kereta. Ya nggapapa sih, wajar aja, boleh kok nyoba naik kereta. Yang bikin gue kesel, space tempat duduk yang seharusnya bisa 2-3 orang lagi duduk di tempat itu malah dikuasai sama satu anak kecil, well pemandangan ini tiap hari gue liat di minggu-minggu liburan sekarang ini.

Gue ga nyaranin kursi prioritas juga, karena udah full semua sama anak kecil juga. Tapiii bisa ngga sih, orangtua ngajarin mereka buat sharing tempat duduk sama orang lain? Karena gak semua orang keadaannya lagi sehat, segar bugar gitu lho, sehingga mereka butuh duduk juga. Kenapa ngga jadiin momen naik angkutan umum itu sebagai momen ngajarin anak buat sharing sama orang lain, ngajarin anak buat disiplin juga kalau di kereta nggak boleh makan minum. Suka kesellll banget sama yang tipe-tipe orang yg beginii.. Keadaan kereta sesak penuh gini, orangtuanya ngebiarin anak-anaknya buat bercanda ga bisa diem gitu (mungkin seneng kali ya ngeliat anak seneng). Tapii kita-kita yg berdiri ini kadang keganggu karena gerakan mereka lah, sepatu yg kena ke baju lah, kadang kalo gini sih gue tegur, gak jarang juga gue tinggalin (tapii kalo lagi penuh gini gue bisa kabur kemanaa).

Ya, mungkin gue ngomong gini karena belum jadi orangtua. Nggak tau rasanya seneng kalo liat anak seneng. Nggak tau rasanya pengen bisa bahagiain anak.  Tapii, sewaktu masih kecil pun gue juga naik angkutan umum kok. Dan diajarin juga sama orangtua gue kalau di kursi jangan berdiri, jangan berisik, kalau makan jangan berantakan (di bus umum gaada peraturan dilarang makan sampai sekarang), sampahnya disimpen di tas dulu. Dan ajaran orangtua gue waktu itu, berefek sama gue sampai sekarang. Lebih respek sama orang lain, lebih bisa ngeliat keberagaman orang di dalam kereta, ada yang kalangan atas, kalangan menengah, kalangan bawah, semua ada. Kalau melihat kalangan atas, gue jadi terpacu buat tetep down to earth kalau jadi orang kaya dengan tetap naik kendaraan umum wkwkwk. Kalau melihat kalangan bawah, gue jadi bersyukur karena gue masih lebih beruntung.

Just my two cents. Udah ah, udah sampai Manggarai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar