Senin, 22 Juli 2013

Perjuangan Mendapat Kampus..

Haha gue kehabisan judul kayaknya.. Ok, lemme tell them one by one, fufufu..

Dimulai dari Januari, waktu itu yang baru buka pendaftaran adalah D3 IpeBeh yang ada di Bogor itu lho.. Karena prodi yang ditawarkan banyak yang sesuai sama minat gue, gue daftar laah.. Pengalaman pertama banget tuh ikut PMDK, dan pede banget karena tahun-tahun sebelumnya kakak kelas gue pada diterima di kampus itu, banyak sekali, di pikiran gue *tsah pasti sekolah gue udah jadi prioritas dongs.. Waktu itu gue daftar tiga prodi, yaitu supervisor jaminan mutu pangan (yang ternyata membuat hatiku tak menentu, haha), komunikasi (biar gue bisa cascisus di depan umum, wk), satunya gue lupa nama lengkapnya tapi yang jelas itu berhubungan sama gizi. Tapi ternyata pikiranku salah, akhir Maret diumumkan, 10 orang sajah yang diterima di sana, huaaa, ditolak untuk pertama kalinya, dan temen les gue pulak yang dapet prodi impian gue dan ga diambil, huhu..

Terus ada juga pmdk dari univ di Semarang, tapi gue gak ngambil abisnya teknik semua *konsisten, duuh kenapa gue ga tertarik ya sama jurusan dari sini, pan kece, wkwk.. Terus ada juga dari universitas negeri yang di Solo *eh Surakarta, universitas ultahnya si Dana haha. Gue pengeeeen banget daftar yang di prodi Hiperkes dan Keselamatan Kerja, tapi ga dibolehin soalnya jauh dan gada saudara. Terus ada lagi tuh jalur ppkb di kampus yellow jacket *oh I love this campus too much.. Tapi ga daftar, takut ga keterima dan kemakan issue kalo udah daftar d3/s1 paralelnya tar di blacklist di s1 reguler, padahal mah enggak yaaa..

Akhirnya gue daftar di UGeeM. Dia buka pmdk D3 juga, dipilih atas pertimbangan di sana banyak saudara, selalu menempati rank 3 besar di univ se-Indonesia. Gue ambil rekam medis karena gue suka dunia kesehatan tapi bukan jadi dokter, perawat, or apoteker *kan eik ga telaten, kasian pasiennya, wk nyadar. Tetapi tidak diterima juga, tapi gue bersyukur, satu sekolah juga gaada yg diterima di prodi itu *jahat.

Tibalah SNMPTN, gue milih univ yg di Semarang tadi dgn prodi Kesehatan Masyarakat *uh, wait ya, I promise to myself someday I will !!* sama biologi. Terus juga IPeBeh  jurusan Gizi sama Biologi. Dan gak diterima dong, huaaaa.. Karena pilihan pertama prioritas pertama itu jadi prodi favorit cyn, biar kata 225 orang yg dapet tetep aje gada nama gue L. At that time dunia serasa ancur dan rencana masa depan gue acak-acakan..

Terus SBMPTN, ini miris, tiap hari gue belajar dengan berlinangan air mata *ini lebay tapi beneran pernah terjadi*, selalu gue baca quote motivasi, video motivasi, dan cerita orang2 sukses meraih PTN di blognya, terus sambil janji dalam hati kalo gue sakseis nanti gue tulis perjuangan gue, oiya gue juga tidur ditemani buku-buku soal sbmptn dan berharap semua ilmunya menyerap ke otak gue selama gue tidur haha.. Ini berat banget, mana disuruh IPC, di kampus biru semua pula pilihannya, Kesmas, Geografi, dan Sastra Indonesia, hasil konsul bolak-balik bimbel dan sepupu gue. Ternyata tidak diterima juga, pas gue cek ternyata yang banyak diterima artis loh, huaaa pinter-pinter banget yak..

Terus ada tes di politeknik punya kemenkes di Jakarta, gue ngerjain soal dengan hati yang hancur wkwk, hopeless bangett, tapi ternyata diterima, Alhamdulillah, tes kesehatannya juga.. Gue daftar Kesehatan Lingkungan sama Gizi, diterima di prioritas pertama,Kesling, gapapa lah.


Tapi biar gitu tetep ikhtiar juga ikut simak, pilih 5 prodi, IPC juga.. Kesmas, geografi, sastra Indonesia (reguler), ilmu perpustakaan (paralel), perumahsakitan (d3). Terus Alhamdulillah juga diterima tapi di D3nya..
nih buktinya, banyak yg ga percaya masa *yaterus nai ?
Yasudahlah galau elegan melanda, mulai deh dipikirin satu-satu, daaan gue pilih poltekkes, bukan gue sok-sok-an lho nolak kampus yang selalu gue banggakan itu, gue juga takut karena berarti gue ga kenal sama sekali teman di poltekkes, secara dari ugb gue doang yg masuk sana, tapi gue keluar dari my comfort zone haha.. Abisnya, 3 tahun ini gue dimanjain banget, dikasih temen dari awal tes sampe udah tes buat kuliah, jadi apa-apa selalu bareng, dan tiba-tiba harus sendiri gini kok ya sedih banget yak, nyari apa-apa harus sendiri, merantau ke kota besar sendiri huaaa, kudu akrab sama terminal dan metro mini ini mah.. Wkwk, apapun itu, disyukuri saja lah, toh masih bisa kuliah kan walau bukan universitas, sesuai sama bidang pula. Semoga kita bisa survive dan sukses ya dimanapun kita. Aamiin..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar